Memasuki Tahun ke-3 Kuliah S3

Ehm, saya akan memulainya dengan menonaktifkan Facebook saya, namun tidak dengan Instagram. Hal ini dikarenakan saya butuh fokus untuk menyelesaikan beberapa “tuntutan” atau deadline menuju qualification exam. Beberapa hal yang saya pelajari selama 2 tahun ini:

  • Ada research project yang dikerjakan secara individu, tetapi ada juga lab project. Jika mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan bidang keilmuan atau kompetensi kita, maka itu adalah sebuah anugrah yang patut disyukuri, apalagi jika mendapatkan profesor yang bidang penelitiannya sama dengan kita.
  • Ambillah mata kuliah yang sejalan dengan penelitian kita. Ada beberapa yang memilih mengambil mata kuliah yang mudah agar tidak tertalu demanding sehingga waktunya bisa digunakan untuk fokus ke penelitian. Ini pun tidak apa-apa.
  • Jika mendapatkan research partner atau postdoc yang bisa membimbing atau memvalidasi hasil penelitian kita, itu pun anugrah.
  • Usahakan nyaman dengan ruang kerja kita. Tetapkan jadwal rutin untuk bekerja. Saya merasa berada di lab meskipun tidak melakukan hal yang produktif, misalnya hanya menonton film atau membaca buku self-help, bisa membantu saya menjaga ritme harian.
  • Kesehatan fisik adalah nomor satu. Saya mengalami banyak sakit yang bervariasi selama di sini, dari penyakit fisik maupun mental.
  • Konsultasikan apapun dengan supervisor, termasuk hal-hal yang menghambat kita dalam penelitian. Kasus ini tergantung juga apakah supervisor kita bisa diajak bicara.
  • Miliki hobi di luar kehidupan lab. Saya bermain gitar dan begabung dengan ensemble gitar yang bermain gitar secara rutin.
  • Tetap jaga pertemanan dengan teman-teman jauh dan jaga hubungan keluarga. Saya bukan tipe orang yang seperti ini, tetapi saya tetap berkomunikasi rutin dengan orangtua saya, setidaknya telepon/video call 2-5 jam per minggu.
  • Jangan mencari konflik yang tidak perlu, apalagi urusan yang remeh-temeh.
  • …dll. Akan saya tuliskan lagi nanti.

2 thoughts on “Memasuki Tahun ke-3 Kuliah S3”

  1. Jangan mencari konflik yang tidak perlu, apalagi urusan yang remeh-temeh.

    Facebook isinya konfliks tak perlu memang, hehe…
    Sehat-sehat terus, dan moga lancar S3-nya.
    Goodluck.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.