Pagi Pertama Januari 2019

Dua minggu di akhir 2018, saya berturut-turut sampai di Kampus Trilogi sebelum jam semestinya, dan pulang juga setelah jam semestinya. Rasanya menyenangkan menjadi manusia pagi. Oleh karenanya, di tanggal pertama tahun yang sudah bertambah satu ini, saya ingin tetap mempertahankan kebiasaan tersebut.

Membangun sebuah kebiasaan adalah hal yang sulit pada awalnya, namun menjadi gampang sesudahnya. Thanks to basal ganglia atas jasa  pembentukan pola kebiasaan kita. Lebih jelasnya monggo membaca buku The Power of HABIT karya Charles Duhigg.

Ketika kita sedang berjuang membentuk kebiasaan, dibutuhkan upaya yang gigih setiap saat, terutama ketika kita sedang tidak ingin ngapa-ngapa-in. Ketika berada di titik yang tidak ingin ngapa-ngapa-in ini, carilah sesuatu yang dapat mendorong kita atau driving force. Di Gakkai, sering kami sebut sebagai genten atau starting point. Penting untuk kembali lagi ke alasan mengapa kita harus berupaya. Sebuah karya dari Angela Duckworth berjudul GRIT semoga dapat memberikan pemahaman akan pentingnya upaya yang gigih untuk mencapai tujuan level tertinggi kita. Rumusnya sederhana:

BAKAT x UPAYA = KETERAMPILAN
dan
KETERAMPILAN x UPAYA = PRESTASI

Kedua buku berjudul The Power of HABIT dan GRIT tersebut telah berjasa membangunkan saya setiap paginya, selain buku My Morning Routine – How Successful People Start Every Day Inspired karya Benjamin Spall dan Michael Xander yang juga saya baca. Buku My Morning Routine tersebut mengisahkan sekitar 60-an orang dengan kebiasaannya masing-masing.

So, di tanggal satu ini, saya bertekad untuk berupaya lebih keras lagi dan membentuk lebih banyak kebiasaan baik hingga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup saya.

Mereka yang setiap pagi bangun dengan suatu tujuan yang hendak dicapai dan sebuah misi yang hendak dipenuhi, merupakan orang yang paling bahagia diantara  yang lainnya. Seperti inilah para angora SGI. Bagi kita, setiap hari merupakan hari untuk mencapai tujuan dan kepuasan tertinggi. Bagi kita, setiap hari bagaikan hari pertama di Tahun Baru. Marilah kerahkan diri Anda dengan penuh semangat dan tekad untuk menjalani hidup setiap hari dengan seoptimal mungkin, sehingga Anda bisa menorehkan tinta emas dalam catatan kehidupan. (dari Bimbingan Harian Mentari Hati)

IMG_8137Mendung di pagi pertama Januari 2019

Advertisements

2 thoughts on “Pagi Pertama Januari 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.