200DC | Hari ke-63 s/d 67

Jadex Tutorial

CaptureSetelah bermalas-malasan belajar Jadex, akhirnya hari ini saya menuntaskan tutorialnya juga. Ohhhh kenapa saya selalu malas berlatih? Saya seperti mau “muntah” saja jika lihat komputer, apalagi kode-kode program. Rasanya sangat membosankan. Ingin rasanya untuk menghentikan hal ini, tapi tidak bisa. Pekerjaan saya memang ini, jadi suka tidak suka, tetap harus saya lakukan😀

Tutorialnya bisa dilihat di http://www.activecomponents.org/bin/view/About/Features, sedangkan source code sudah disediakan di repo GrepCode: http://grepcode.com/snapshot/repo1.maven.org/maven2/net.sourceforge.jadex/jadex-applications-bdi/2.3/

Selamat berlatih juga, mantreman🙂

Hubungan Manusia

Hal yang paling membahagiakan kita sebagai seorang manusia adalah bergelut di dalam hubungan antar manusia. Sebut saja: persahabatan. Paling penting untuk menumbuhkan diri sendiri dahulu dan menjadi kuat sehingga persahabatan yang dibangun pun akan sekokoh karang. Ahhh semoga saya bisa menjadi sahabat yang baik. Percayalah bahwa pada akhirnya kita akan belajar banyak dari persahabatan yang kita bina, terutama kita bisa belajar untuk mengatasi rasa ego diri sendiri🙂

Mountain Addict

Betapa saya ingin sekali ikut mendaki bersama Mas Mbenk kemarin (5 Juli). Rasa inginnya sudah memuncak. Kemarin adalah titik klimaks ketahanan saya. Ya, saya merasa begitu. Tubuh dan pikiran saya sangat ingin menggagalkan janji pada diri saya sendiri. Entah mengapa bisa-bisanya tahun lalu saya membuat janji bahwa saya tidak akan naik gunung hingga saya lulus kuliah. Sebenarnya naik gunung tidak akan menjadi masalah jika saya bisa membagi waktu dan fokus. Sayangnya, saya tidak mampu. Saya mengerti batas ketahanan diri saya sendiri.

Akhirnya, saya berhasil mengontrol diri saya. Saya berhasil mengatasi dorongan naik gunung saya. Sebagai hadiahnya, saya memperoleh perasaan sangat puas🙂

A Youthful Diary – Daisaku Ikeda

Akhir-akhir ini saya sering membaca buku catatan harian Ikeda Sensei. Buku ini ditulis pada tahun 1949-1960, ketika Ikeda Sensei berusia 21 tahun hingga Ia dilantik menjadi Presiden ke-3 Soka Gakkai pada usianya yang ke-32 tahun.

Kemarin, saya tidak sengaja membaca tekad yang ditulis oleh Ikeda Sensei ketika usianya sama seperti saya sekarang:

Must develop genuine ability; must study and polish my skill. No choice but to forge ahead tirelessly, more than others, more than anyone. Twenty-seven years have passed since I began this voyage of life. Must stand up in three years, when I am thirty. Will live powerfully! (Sept 23rd, 1955)

Baiklah Maya, maju pelan-pelan dan coba kerjakan tesis sedikit demi sedikit lagi!

2 thoughts on “200DC | Hari ke-63 s/d 67

Leave a Reply

