200DC | Hari ke-19 s/d 26

Tanggal 21-28 Mei 2013 saya tidak menulis dalam blog ini. Bukannya karena tidak ada bahan, namun lebih dikarenakan mood saya yang sedang tidak baik saja. Setiap hari penuh cerita ceria dan kadang-kadang menyedihkan juga hahaha😀

Pertama, saya memutuskan untuk tetap daimoku pagi bersama ce Julie, dan sayangnya selama 8 hari tersebut saya hanya bangun 1x saja hahaha dulu-dulunya meski saya tidur subuh pun, saya akan tetap terbangun. Sekarang, rasa malas lebih dominan merasuki saya di pagi hari.

Kedua, saya semakin melihat kelucuan-kelucuan si Melos, kucing saya yang super-duper nakal itu. Tanggung jawab tambahan ini sering saya gunakan sebagai alibi untuk tidak memenuhi tanggung jawab utama saya, yaitu menyelesaikan tesis. Saya juga menambah pengetahuan saya tentang segala hal berbau kucing demi merawat dia sebaik-baiknya haha

200520131028

Ketiga, prokastinasi tipe lain yang saya lakukan adalah membantu teman-teman. Hal tersebut tidak terhindarkan dan seringkali menyita waktu juga. Saya selalu belajar untuk ikhlas karena masalahnya bukan terletak pada mereka, namun pada diri saya sendiri yang tidak bisa membagi waktu dengan baik. Dalam hal ini saya sering mengingat kata-kata Alexander Supertramp dalam film Info the Wild: “Happiness only real when shared”.

Keempat, ada satu waktu ketika saya akhirnya santap malam juga di Mondo hahaha pertama kali nih😀

Kelima, saya membaca buku Caping 8 karya Goenawan Mohamad dan menyadari bahwa isinya cukup berat dan membuat otak bekerja ekstra.

Keenam, saya pergi melihat Waisak dan merasa kecewa karena harapan saya bahwa Waisak ini lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya belum terealisasi. Banyaknya tulisan yang mengkritisi upacara Waisak yang disulap menjadi objek wisata baru seharusnya membuat kita belajar untuk lebih baik di masa mendatang. Sedikit hal yang saya lihat pada saat itu, misalnya:

  • Acara ngaret 1 jam menunggu kedatangan Menteri Agama dan Gubernur Jateng yang dikabarkan macet di jalan. Ahhhh, mungkin protokuler mereka lupa menghitung waktu tempuh normal yang sudah dijumlahkan dengan waktu macet…
  • Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, sempat-sempatnya dan tidak malu menyelipkan kata sambutannya dengan promosi pilkada, meski tersirat. Ia terus saja “kampanye” meski pengunjung sudah berteriak “Huuuuuuu”. Bisa jadi menyelam sambil minum air membuat kita kelelep, pak!
  • Ketika umat Buddha sedang sembahyang dan melafalkan doa-doa dengan bahasa pali, sanskrit dan mandarin, saya mendengar para pengunjung non-Buddhist berbisikan mengejek. Mungkin sajak doa tersebut sejenis bahasa yang asing di telinga ya dan sebelum Pradaksina, para pengunjung sibuk berdesak-desakan ke depan… Ya, harus lebih ke depan dong biar hasil jepretan yang tepat di wajah bikhu-bikhu itu terlihat sempurna. Memalukan! Seorang bikhuni berkata: “Sebenarnya apa yang kalian cari di atas altar ini?”
  • Siapa coba yang tidak tertarik ketika semua orang bisa “make a wish” dengan membeli lampion untuk diterbangkan beramai-ramai yang jumlahnya nanti bisa mencapai 1200 lampion? Ini satu contoh komersialisasi dari panitia sendiri toh, lantas ketika Waisak dijadikan objek wisata “baru” dengan pengunjung sebanyak +/- 15.000 orang, tidaklah perlu protes sana-sini! Ketika hujan membatalkan penerbangan lampion, apa sama artinya dengan “wish” kita tidak terkabulkan? Tidak juga toh. Euforia saja!

Saya sebagai pengamat dan orang luar, ya hanya bisa omong-doang, mungkin Mr. Lampion bisa menarik pembelajaran dari peristiwa kali ini🙂

1

5

4

7

6

2

Ya, begitu saja yang ingin saya tuliskan. Saya sedang tidak mood menulis karena saya sedang khawatir lama-kelamaan saya bisa menjadi Melos yang hanya makan-tidur-bermain. Saya juga sadar satu hal bahwa lain waktu, saya harus bisa melihat sisi positif dari semua kenegatifan peristiwa. Ya, semoga!

Leave a Reply

