Sunday Morning Sports

Kemarin, pagi-pagi sekali Ko Paul sudah menjemput saya dan Mari di kos saya dan menaikkan 2 sepeda pinjaman kami ke Mobil Pick-Up Ferarri-nya hahaha sebutan untuk pick-up merahnya, lalu bersama-sama dengan Kevin B. dan Rio yang mengalah duduk di belakang bersama sepeda-sepeda, kami menuju ke rumah Pak Yanto. Sebelum bercerita, saya kudu berterima kasih dahulu dengan Tangguh dan Damai atas pinjaman sepedanya. Thanks, temans!

Sesampainya di sana, Pak Aruji sudah menunggu sendirian dan tak berapa lama, Pak Yanto, Kevin, Derry dan Lio pun datang. Semua sepeda dinaikkan ke pick-up dan kami memulai perjalanan menuju ke tempat yang tidak saya duga sebelumnya, yaitu kompleks Gn. Nglanggeran di Patuk. Kami memang tidak tau hendak bersepeda ke mana dan tidak berniat tau juga hingga hari-H karena terlalu excited dengan ide tersebut hahahaha😀

Kali ini adalah pertama kalinya saya bersepeda di wilayah pegunungan. Perjalanan ke sana pun baru kali ini saya lalui pada pagi hari sekitar jam 6 ketika kabut memenuhi daerah Wonosari. Saya memandang Jogja yang sangat indah di jalan sekitar bukit bintang, namun tidak bisa mengambil foto pada saat itu. Gunung Merapi dan Merbabu tampak samar tertutup kabut di kejauhan dan misty-scene pun tampak sangat indah.

nglanggeran_gakkai (2)

nglanggeran_gakkai (3)

Pada pukul 6.45 menit, kami memulai perjalanan dari pos polisi Patuk ke arah desa Ngoro-oro. Desa wisata yang kami lewati tersebut sangat asri dan belum terlalu banyak kendaraan bermotor. Jelajah alam dengan track naik-turun pada awalnya sempat membuat lutut saya lemas hahaha karena tidak ada olahraga dan pemanasan sebelumnya🙂

Sesekali kami mendorong sepeda kami ketika jalan menandjak.

nglanggeran_gakkai (4) nglanggeran_gakkai (5)

nglanggeran_gakkai (6)

nglanggeran_gakkai (8)

Dalam perjalanan, pak Yanto sering mengambil potret dengan lihainya sambil bersepeda dan foto-foto yang dihasilkan olehnya pasti sangat bagus. Beberapa di antara kami tertinggal di belakang karena kecapekan dan saling mengobrol sepanjang perjalanan sambil melontarkan beberapa lelucon hahaha😀

Pak Aruji yang paling senior umurnya di antara kami sempat kesulitan dengan lutut kirinya, tapi semangatnya patut diancungi jempol dan akhirnya setelah nge-gowes selama 2 jam, kami tiba juga di sini – di pertigaan 1 km menuju Desa Nglanggeran di mana terletak Gunung Api Purba yang sudah berumur 60juta tahun🙂

nglanggeran_gakkai (10)

nglanggeran_gakkai (12)

Pukul 9.15, setelah minum teh hangat dan gorengan seperti tempe mendoan dan tahu goreng, kami menitipkan sepeda di warung makan tersebut. Perjalanan dilanjutkan dengan trekking Gn. Nglanggeran hingga pos 1.

Hari ini adalah hari ulang tahunnya Mari juga. Kami bercanda bahwa hari ini adalah hari penyiksaan Mari hahahahahaha😀
Penyiksaan karena harus olahraga berat yang tak terduga :p

nglanggeran_gakkai (18)

nglanggeran_gakkai (25)

nglanggeran_gakkai (27)

nglanggeran_gakkai (29)

Di gunung ini, kami puas berfoto dan pada pukul 11 siang, kami sudah kembali ke warung makan tempat nongkrong di awal😀

Perjalanan pulang tidak melewati rute awal, namun jalan memutar. Memang benar hanya 2 km saja keluar dari desa wisata tersebut, namun jalan berikutnya harus melewati jalan raya Wonosari yang sangat padat kendaraan dan berbahaya. Lain waktu, pak Yanto mengatakan lebih baik pp di jalur yang sama.

Tepat jam 12, hujan turun dengan sangat deras, tapi kami sudah hampir sampai dan tidak kebasahan. Benar-benar berejeki ya. Ko Paul, Kevin B. dan Rio sangat berjasa menaikkan sepeda ke atas Ferrari dengan berbasah-basahan. Terima kasih banyak ya😀

Semoga kita masih bisa melaksanakan olaharga bersama lagi di kesempatan lain dengan jumlah anggota yang lebih ramai lagi😀

nglanggeran_gakkai (30)

nglanggeran_gakkai (1)

NB: tulisan lain tentang Gn. Nglanggeran bisa dilihat di sini.