Kekosongan. Malam. Sakit.

Tentu saja aku hendak berhenti menarikan jariku di atas tuts keyboard ini,

berhenti memutar kata di otakku,

atau juga asinnya air yang sudah muncul di ujung mataku.

Kadang-kadang bahkan hampir selalu, aku membenci diriku ketika sakit,

karena aku tau bahwa sakit bersinergi dengan perenungan,

yang ujung-ujungnya membawaku pada sebuah kesadaran baru.

.

.

Ah, sebenarnya ini bukan berawal dari sakit.

Ini berawal dari tidur menjelang subuh.

Malam, sama seperti sakit.

Kuberpikir bahwa malam dan sakit adalah pasangan serasi,

pasangan yang, sekali lagi, bersinergi dengan perenungan,

yang ujung-ujungnya membawaku pada sebuah kesadaran baru.

.

.

Ah tidak juga.

Bukan hanya malam dan sakit.

Mungkin kekosongan.

Kosonglah yang membuatku berpikir macam-macam,

yang membuatku tidak bisa tidur,

dan akhirnya membuatku sakit.

Sakit seperti ini adalah sakit yang dibuat-buat.

Sakit yang seharusnya tidak perlu dialami.

Sakit yang sebenarnya bisa dicegah.

.

.

Masalah di hilir sebaiknya diselesaikan dari hulu.

Kekosongan, malam dan sakit.

Mengobati kekosongan adalah dengan tindakan,

dan tindakan baru terwujud jika ada pemicu.

Pemicunya apa?

.

.

Oh ya, aku pernah dengar orang mengatakan bahwa,

dengan tindakan, semuanya akan menjadi hidup.

Orang yang bertekad tau bahwa tekad semakin lama akan memudar,

makanya perlu diperbarui selalu.

Kekosongan ini adalah tanda penyegaran,

bahwa sudah saatnya aku mengisinya dengan sesuatu yang baru.

Entahlah, kadang-kadang aku tidak bisa berpikir.

Aku juga tidak tau apa lagi yang hendak kutuliskan setelah kata ke-240 ini.

.

.

Sssstttt. Kau diam saja.

Aku tau bahwa aku bisa menyelesaikan permasalahan ini.

Tak perlu mengkhawatirkan aku.

Aku tau pemicu apa yang bisa mengarahkanku pada tindakan,

dan setelah bertindak,

tanpa perlu kukirim merpati putih,

kabar pasti sudah tersiar di tempatmu.

Leave a Reply

