Public Lecture: User-Driven Innovations in Mobile Multimedia Tools, and Applications

Foto Bersama Pembicara, Dosen dan Beberapa Rekan Mahasiswa (by: Wawan)

Hari Rabu tanggal 28 November 2012 pada pukul 13.30 – 15.00 di Ruang A1.06 FMIPA UGM telah dilaksanakan kuliah umum “User-Driven Innovations in Mobile Multimedia Tools, and Applications”.

Di awal pembicaraan, A/Prof. Dian Tjondronegoro memperkenalkan Mobile Innovation Lab di Queensland University of Technology. Kampus ini terletak di Brisbane, Australia.

Banyak hal menarik yang disampaikan oleh beliau, terutama yang menjadi fokus penelitian beliau di bidang multimedia, web and mobile application, terutama indexing and summarization of video, text mining (social media, sentiment analysis), dsb. Melalui salah satu penelitian beliau tentang facial expression model, kita bisa menganalisis ekspresi wajah seseorang, misalkan apakah orang tersebut dalam keadaan positif ataupun negatif. Tantangan dalam pengenalan ekspresi wajah ini justru terletak pada pengambilan data dengan media video.

Penelitian lainnya yaitu kompresi dan optimalisasi data video dengan cara mendeteksi fokus objek utama. Hasilnya akan berupa video dengan kapasitas yang lebih kecil, namun kualitas gambar yang lebih tajam.

Salah satu poin yang saya suka dari beliau adalah: topik penelitian yang diambilnya berasal dari hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-harinya. Misalnya: topik video summarization using news and blogs. Beliau meneliti pertandingan sepak bola dengan melakukan analisis pertandingan mana yang paling penting. Topik penelitian lainnya adalah Mobile Lifelog. Dokumentasi kehidupan pribadi sangat penting. Beliau mengambil contoh di bidang kesehatan. Penderita amnesia akan terbantu untuk belajar mengingat apabila ada dokumentasi masa lalunya. Mobile lifelog ini sendiri diterapkan untuk mendokumentasikan keseharian anaknya. Alangkah indahnya jika bisa mendokumentasikan video anaknya setiap saat dan menganalisis wajah sang anak kapan anak tersebut sedih, gembira dan beragam ekspresi lainnya.

Di Mobile Innovation Lab dimana Bp. Dian merupakan team leadernya, mereka mengembangkan berbagai apps untuk IOS6. Salah satunya adalah Rushedtogo, yaitu aplikasi pencarian halte bus terdekat beserta waktu tempuhnya. Keistimewaan dari apps ini adalah tracking dari titik keberadaan kita hingga ke halte. Sangat menarik bukan?

Ya, kira-kira begitulah isi seminarnya. Banyak sekali hal yang disampaikan oleh Bp. Dian. Silahkan dibuka saja links di atas itu. Ada penjelasan rinci dan demo hasil penelitian beliau di links tersebut.

Bp. Dian juga menjawab salah satu pertanyaan dari pesesrta tentang bagaimana beliau bisa berkarya sejauh ini. Jawabannya adalah: bekerja minimal 9 jam/hari dan selalu berada di lab dan perpustakaan. Wow. Beliau juga mengatakan bahwa kita bisa mengubah dunia dimulai dari teknologi. Mau?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s