……masih terus berjuang!

Hari ini, aku ingin menuliskan dua kalimat dari Ikeda Sensei:

Betapa pun mengantuk dan capeknya Anda, hanya ketika Anda menang atas diri sendiri, Anda akan memiliki hari kemenangan.

dan

Orang kelas satu tidak memandang usia atau kedudukan, tidak pernah berhenti belajar dengan rajin dan mau mendisiplinkan diri mereka sendiri.

Selanjutnya, aku ingin mengeluhkan menceritakan tentang kesehatanku. Entah apa penyebabnya, akhir-akhir ini kepala di bagian belakang dekat tengkuk leher rasanya sering sakit pada saat bangun tidur maupun dalam kesehariannya. Kolestrol? Tidak juga, karena aku sudah tak makan daging lagi dalam seminggu ini. Rasanya memang sedikit berat melewati hari dengan sakit seperti ini. Kadang, telinga bagian belakang juga nyeri. Mataku tiba-tiba suka tidak bersahabat jika terlalu lama di depan komputer. Namun, hal ini bukanlah masalah besar sekarang. Aku bersyukur bahwa tubuhku masih dapat memberikan respon seperti ini. Masalah besar justru terjadi jika hal ini berlarut-larut tak kuatasi.

Aku akan mulai mengubah pola makanku dengan makanan yang lebih bergizi, higienis dan berserat. Plototin komputer tidak akan terus-terusan, namun memberikan jeda agar mata dan tulang belakang bisa beristirahat dengan baik. Aku juga akan mengubah pola tidurku dengan tidur sebelum pukul 1 malam dan bangun sebelum pukul 7 pagi. Aku akan rutin jogging 2x seminggu pada hari Selasa dan Jumat untuk meningkatkan daya tahan tubuhku, untuk melatih lutut dan pergelangan kakiku yang bermasalah. Aku akan tetap membiasakan diri untuk menegakkan tulang belakangku dalam menulis, membaca, berjalan, berdoa, termasuk ketika beraktivitas di kamar mandi hahaha

Dalam proses kembali ke ritme makan seperti biasa, aku membeli beberapa makanan favoritku lagi. Sejak pertengahan tahun lalu, aku cukup mengencangkan ikat pinggang dalam soal makan karena harus mengatur uang dengan keperluan travellingku. Sekarang, di saat aku tidak akan ke mana-mana, aku akan kembali mengalokasikan uangku untuk keperluan peningkatan gizi. Setidaknya, nanti jika wisuda, wajahku sedikit chubby hahaha seperti kata papaku setiap kali bertemu, pasti beliau akan mengatakan, “Maya, gemukkanlah sedikit badanmu itu supaya bagus, apalagi pipimu, terlihat seperti orang yang kekurangan makan saja”.

Aku jadi ingat satu cerita di bulan September lalu sewaktu mau kembali ke Jogja dari Palembang. Papaku bahkan membelikanku susu kental manis cap bendera untuk kubawa ke Jogja agar bisa kuminum bersama susu Milo. Ya ampun! Seperti di Jogja tidak ada orang yang menjual susu saja hahaha aku selalu merasa terharu dengan bekal yang dibelikan papaku ketika hendak kembali ke tanah rantau ini. Pernah juga sekali waktu, beliau membekaliku dengan minyak angin aroma terapi yang katanya sangat bagus buatku. Bahkan, minyak angin itu pun sebenarnya banyak dijual di Jogja. Hidupku di Jogja, yang pasti, cukup jauh dari bayangannya🙂

Ritz yang hanya dijual di Carefour Jl. Adi Sucipto

Aku masih mau melanjutkan tulisanku meski nyeri di belakang telinga ini terus meningkat. Kenapa bisa begitu sakit ya? Apakah karena stress? Sudah 2 tahun 5 bulan aku di Jogja. Stress yang kuhadapi adalah menjawab pertanyaan, “Bagaimana aku mengakhiri kehidupanku di Jogja?”, “Aku mau ending yang seperti apa di sini?”. Aku menjalani hidup tanpa penyesalan di sini dan aku hanya butuh satu hal saja: mengakhirinya dengan indah🙂

Aku akan salah besar jika menganggap ini adalah stress. Stress is a reaction, not situation. So, you can choose not to react. Dua tahun lalu aku sempat mengulang-ngulangi kalimat dari temanku seniorku tersebut, maka tak heran jika aku masih hapal hingga saat ini🙂

Menuju tanggal 8 Januari 2013, dimulai dari tanggal 1 Oktober 2012 lalu, aku membuat sebuah proyek pribadi yang kunamakan Happiness Project. Proyek ini akan berlangsung selama 100 hari dimana target yang harus kupenuhi adalah 1 kelulusan dengan 1 juta daimoku dan beberapa target lainnya yang bersifat pribadi. Sudah kutuliskan surat kepada Ikeda Sensei tentang proyek ini beserta strategi yang digunakan yaitu Top 5, dengan menuliskan 5 prioritas terpenting yang akan kulakukan agar target tersebut tercapai.

Dalam prosesnya yang tidak mudah itu, aku menemui banyak sekali tantangan yang harus kuhadapi. Hari ini adalah hari ke-44 dan progressku sangat lamban. Bisa dilihat betapa semangatnya aku ketika kampanye daimoku di awal bulan Oktober. Jam daimoku itu terus menurun. Mengenaskan. Aku melakukan banyak hal kecuali tesis.

Kartu untuk Kampanye Daimoku dan Majalah Soka Spirit Edisi ke-100

Besok berjuang lagi! Tesis, aku harus menaklukkanmu! Meski lambat kukerjakan, tapi akan kujadikan kau sebagai mahakarya!

Tadi juga sempat kupotret Soka Spirit (SS) bulan ini, yaitu edisi SS yang tepat berada di angka 100. Aku melihat satu hal yang tidak kebetulan, yaitu ketika 100 karya ko Ayong, dkk terselesaikan di SS ini, beliau akan meneruskan hidupnya yang baru dengan seorang pendamping hidup yang juga hebat. Angka 100 memang angka yang bagus untuk menggenapkan sesuatu ya hahaha

Berbicara mengenai pasangan hidup, aku akan berbagi satu hal utama mengenai pasangan hidupku kelak berdasarkan kutipan yang pernah kubaca dalam bimbingan Ikeda Sensei, yaitu:

I want to get married to a person through whom I can really develop myself and we can contribute to others/to society as a couple, a man whom I like and whom my parents like.

Baiklah, mari berdaimoku satu jam lagi sebelum beristirahat malam. Besok, hariku sudah menungguku🙂

Ngomong-ngomong, aku baru sadar satu hal mengapa telinga bagian belakangku begitu sakit. Aku memakai bando sedari tadi dan bando tersebut menjepit bagian belakang telingaku. Pantas saja, semakin lama semakin sakit hahaha GUBRAKKKK!

2 thoughts on “……masih terus berjuang!

  1. hei hei getwellsoon. btw aku paling sebel kalo pake bando karena selain bikin belakang telinga sakit entah kenapa kepala jadi pusing🙄

Leave a Reply

