Lari Sore

Keringat masih membasahi bajuku tatkala kumulai menulis, sekarang. Sudah sejak 4 hari lalu aku memulai rutinitas baru, yaitu lari sore di sekitaran kos dan Mandala Krida. Dua hari terakhir ini, aku sudah mulai terbiasa dan mampu berlari sebanyak 5 putaran stadion bola tersebut. Lututku masih sakit, namun aku tetap memaksakannya. Perlahan sakitnya berkurang. Biasanya aku membutuhkan total waktu 1 jam, mulai dari pemanasan – lari – pendinginan, juga pulang pergi kos – lokasi. Menyenangkan🙂

Satu hal yang kupelajari adalah:

Kita berlari dengan kecepatan kita sendiri. Hal pentingnya adalah konsisten. Pelan tapi pasti, akan membuat kita sampai ke tujuan dan menyelesaikan target yang telah kita buat di awal.

Lari ini kulakukan sebagai persiapan pendakian Gn. Semeru di minggu depan. Kadang aku mengutuk diriku sendiri, mengapa aku masih saja mendaki, mendaki dan mendaki. Jawabannya adalah teman. Teman tetap prioritas utamaku. Teman yang bagaimana, itulah permasalahannya. Teman pendakianku kali ini begiitu spesial, bagaimana mungkin aku bisa menolaknya? Mereka tidak pernah mengenal gunung sebelumnya, itu adalah alasan pertama mengapa aku mau mendaki. Aku sudah menjanjikan jauh-jauh hari untuk mendaki bersama. Jadi, kapan pun waktunya, janjiku harus kupenuhi.

Kami akan menikmati proses dan perjalanan. Puncak bukanlah tujuan. Gunung bukan hanya soal berjalan nandjak, tapi lebih dari itu. Ketika kita sudah berusaha sekuat tenaga, namun masih jauh dari puncak, itu bukanlah masalah. Waktu akan menjawabnya.

Seorang pendaki ketika ditanya, “Bagaimana Anda bisa sampai ke Puncak”, memberikan jawaban, “Saya telah meletakkan hati saya di Puncak. Jadi, sekarang saya tinggal membawa kaki saya menuju ke sana.”

Entah sampai kapan aku akan terus begini. Aku hanya tau bahwa yang kulakukan tidaklah sia-sia. Semua hal terjadi karena ada maksudnya tersendiri. Emosiku di umur-umur seperti ini selalu bergejolak hampir setiap harinya. Mungkin nanti setelah umurku bertambah, aku akan menyadari apa maksudnya tersebut🙂

 

 

 

Leave a Reply

