Melihat Indonesia dari Kasada

KASADA, nama upacara yang kuhadiri di Bromo pada awal Agustus silam. Aku berjalan sembari melihat, sejenak kadang kuterhenti. Wajah Indonesia sesungguhnya berada tepat di mataku. Aku tak hanya takjub dengan keindahan lautan pasir, pun takjub dengan ramainya orang – berekreasi, berjualan, berdoa, juga berebutan menadah sesaji di sekitaran kawah.

Antri dari dan ke Puncak Bromo

Siap menadah hasil sesaji sebelum jatuh ke kawah

Berteduh dari panasnya matahari. Kecapaiankah?

Hilir mudik si Bapak dengan wajah dan tubuh yang terselimuti pasir

Meski masih kecil, aku pun ikut menadah!

Ayam yang menggelepar, bernafas menggoyangkan tubuhnya

Memulihkan diri dari pingsan

Siang itu, tanggal 3 Agustus 2012, kusaksikan orang-orang yang katanya bukan bersuku Tengger membentuk pola acak di puncak Bromo, pinggiran hingga bibir kawah. Erupsi mengakibatkan bebatuan di sekitar kawah diselimuti pasir. Besi dan tembok pagar pembatas, juga pegangan anak tangga rusak. Bahkan pasir menutupinya hingga kita nyaris tak melihat pijakan beralas semen lagi. Aku menitikkan air mata di puncak itu. Bukan karena pasir yang menerpa mataku, namun pilu melihat keadaan sekitarku. Aku melihat banyak orang tua dengan muka lusuh bercampur debu, ibu-ibu berkerudung yang berpeluh, anak-anak kecil berpanasan ——–. Semua menadah hasil sesaji yang dilemparkan oleh orang-orang Tengger ke dalam kawah. Siapa yang lebih cepat dan sigap, akan dapat. Jala menjadi alat bantu mereka dan karung dijadikan tempat penyimpanannya. Kulihat juga ayam yang menggelepar. Sekarat mungkin. Seorang bapak kusaksikan pingsan dan beberapa mengelilinginya, memijat kepalanya, memberikan minum dan mengusapnya dengan minyak. Belum sadar ia ketika kutinggalkan.

Rony Zakaria – Dia perantaraku melihat semua ini. Terima kasih Rony. Aku bisa melihat wajah Indonesiaku sekali lagi di sana, di Bromo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s